- Kejar Info

Jurusan-Jurusan Kuliah Terunik di Dunia, Apa saja sih?

Setelah lulus sekolah menengah atas, sebagian besar dari kita akan memutuskan langsung bekerja dan ada juga yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi. Bisa dibilang, memutuskan untuk melanjutkan perguruan tinggi bukan perkara yang mudah, apalagi saat menentukan jurusan dan juga studi yang ingin kita tempuh. 

uan tinggi menjadi modal untuk meraih profesi di masa depan. Oleh sebab itu, memilih jurusan kuliah harus penuh pertimbangan. Jangan lupa sesuaikan dengan passion agar kamu tidak merasa salah jurusan di tengah jalan. 

Nah, tak seperti jurusan biasa, beberapa program studi berikut ini terbilang unik lantaran bisa mengarahkan mahasiswanya kepada profesi yang tidak biasa. Kira-kira apa saja sih? Yuk simak bersama, berikut adalah tujuh jurusan Kuliah paling unik di Dunia yang sudah kami rangkum:

1. Pelelangan (Auctioneering)

Apakah kalian sudah pernah melihat proses pelelangan? Pasti dalam proses tersebut, juru lelang memiliki peranan sangat penting demi keberlangsungan acara lelang itu sendiri. Namun siapa sangka jika ada disiplin ilmu yang memang mempelajari tentang ilmu pelelangan? 

Harrisburg Area Community College menjadi salah satu institusi yang menyediakan jurusan Pelelangan (Auctioneering). Di jurusan ilmu pelelangan, mahasiswa akan mempelajari bagaimana memimpin jalannya proses pelelangan, strategi pelelangan yang benar, hukum lelang, serta bagaimana berkomunikasi yang baik dengan peserta lelang. 

Selain Harrisburg Area Community College, Universitas Vincennes yang ada di Indiana, USA juga menawarkan jurusan unik ini loh. Meskipun terbilang unik, jurusan ini dinilai cukup menjanjikan. Karena ketika mengambil jurusan ilmu pelelangan, maka akan tergambar pekerjaan yang sangat pasti, yaitu sebagai juru lelang. 

2. Meme Studies

Apakah kalian suka hal-hal yang lucu? Nah, mungkin jurusan Meme Studies di Northwestern University bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian. Bagi kebanyakan orang, meme hanyalah hiburan di kala senggang ya? Tetapi beda cerita dengan jurusan di Universitas ini, karena para mahasiswa memelajari meme secara mendalam. 

Dilatar belakangi oleh internet sentris yang saat ini melanda anak muda, jurusan khusus ini mempelajari sejarah hingga bagaimana meme bisa viral. Nama jurusan kuliah nya aja Internet Memeology. Bukan hanya itu saja, karena mereka juga bisa menganalisa tanggapan masyarakat dari meme tersebut. 

Prospek kerja di jurusan ini juga dinilai cukup baik karena internet terus berkembang. Pengguna internet yang masih muda cenderung menyukai konten-konten lucu seperti meme. Maka, ahli meme dapat dipekerjakan di berbagai perusahaan teknologi atau bidang lainnya. Tugas mereka yaitu memproduksi meme untuk hiburan atau iklan. Jumlah tayangan dan tanggapan dari masyarakat akan mengalirkan uang pada perusahaan. Jadi, buat kamu yang suka share meme, jurusan ini cocok buat kamu. 

3. Harry Potter Mithology

Siapa sih yang tidak kenal dengan Harry Potter? Ya, benar sekali. Harry Potter adalah serial buku legendaris yang ditulis oleh J. K. Rowling. Di seluruh dunia, ada banyak sekali orang yang menggemarinya. Mungkin itulah alasan dibukanya Jurusan Harry Potter Mithology di University of California, Los Angeles. Jurusan tersebut dipenuhi oleh Potterhead, sebutan untuk penggemar Harry Potter. Tidak hanya menggemari bukunya, mereka juga menggemari adaptasi filmnya yang telah dibuat.

Jurusan Pendidikan di Durham University, Inggris menawarkan salah satu mata kuliah yang membahas tentang karya fiksi fenomenal ini. Di sini, Para mahasiswa diberi materi tentang mitologi dan teori yang menjadi latar belakang dibuatnya serial Harry Potter untuk diteliti lebih lanjut. 

Lantas, bagaimana dengan prospek kerjanya? Para lulusan bisa bekerja di berbagai jenis industri kreatif. Mereka bisa menggunakan ilmu semasa kuliah untuk menciptakan konten yang menarik baik berupa buku, film, iklan, video, dan sebagainya.

4. Mortuary Science (Ilmu Sains Pemakaman)

Dari nama jurusannya, sudah membuat kesan aneh dan seram ya? Mungkin tak banyak orang yang mengetahui tentang jurusan yang satu ini. Karena selama ini, pemakaman dilakukan dengan lancar tanpa adanya pihak ahli yang benar – benar menempuh disiplin ilmu. Padahal, pemakaman itu sendiri sangat membutuhkan keterampilan.

Jika kalian pernah melihat aktris Hollywood Kim Kardashian melakukan kursus tentang bagaimana menangani mayat atau jenazah maka ada ilmu yang khusus mempelajari tentang mengurus jenazah, lho. Mulai dari memandikan, merias jenazah, hingga di kremasi atau di masukan ke dalam peti jenazah. Lengkap sekali bukan?

Salah satu universitas di dunia, yaitu University of the District of Columbia Community College menawarkan jurusan yang cukup menantang ini. Dibutuhkan pengetahuan khusus dalam penanganan jenazah. Lulusan jurusan ini bisa menjadi tenaga profesional untuk pengurusan jenazah.

Mata kuliahnya sendiri sedikit bersinggungan dengan kedokteran, seperti anatomi, fisiologi, dan patologi, namun mereka juga belajar orientasi layanan pemakaman (Funeral Service Orientation), sejarah dan sosiologi proses pemakaman (History & Sociology of Funeral Service), hingga hukum proses pemakaman (Funeral Service Law). Prospek kerjanya pun, para lulusan jurusan ini bisa bekerja di rumah sakit, klinik, bidang kesehatan, hingga koroner.

5. Wanghong

Rupanya untuk menjadi sosok sensasional di dunia maya ternyata ada sekolahnya, lho. Bahkan, ada universitas yang buka jurusan khusus untuk mempelajari ini. Di sana dikenal istilah “Wanghong” atau orang yang sedang viral di dunia maya. Kalau di Indonesia mirip seperti istilah selebgram.

Bisa dibilang, jurusan ini berhubungan erat dengan internet, khususnya media sosial. Jurusan Wanghong mengajarkan para mahasiswa untuk membuat sensasi di dunia maya. Universitas yang memilikinya adalah Yiwu Industrial & Commercial College di Cina. 

Tujuan dari adanya jurusan tersebut adalah memanfaatkan efek sosial media untuk publikasi, periklanan, dan sebagainya. Hal tersebut memiliki prospek yang besar karena pengguna media sosial terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyak di antaranya adalah anak muda yang mudah dipengaruhi oleh konten.

Para mahasiswa di jurusan ini akan diajarkan berbagai hal. Mulai dari cara melakukan selfie yang benar, cara membuat caption, hingga cara menanggapi komentar dari orang-orang. Jika diikuti dengan benar, mereka bisa saja menjadi selebgram seperti Awkarin. Tertarik untuk menjadi bagian darinya? Siapkan diri dengan gadget yang baik. Fasilitas tersebut akan mendukung perkuliahan. Sebab selain memelajari teori, mahasiswa juga akan diminta untuk praktik langsung. Jadi ilmunya bisa diterapkan.

6. Video Game Studies

Siapa nih suka bermain game? Apalagi bermain game selama kuliah tanpa dimarahi dosen, siapa sih yang pengen. Nah, jurusan diurutkan ke enam ini cocok sekali untuk para penyuka game, lho. Tiap hari yang dipelajari hanya tentang game,  seperti bagaimana sebuah game bisa jadi bisnis dengan penghasilan besar, belajar teknik permainan, dan bagaimana membuat grafis video game.

Video game memang bisa menjadi hal yang cukup serius belakangan ini. Bagaimana sebuah permainan bisa jadi sebuah bisnis dengan penghasilan besar seperti layaknya production house untuk film – film. Di university of Central Florida ada jurusan khusus dalam pembuatan video game.

Jika kamu mengambil kuliah S1 di jurusan ini, kamu akan diajak untuk memantapkan ilmu komputer, dan juga mempelajari cara membuat game, mulai dari desain visual, animasi komputer, programming video game, arsitektur perangkat keras, kemudian memasuki pengenalan game design dan dilanjutkan dengan games design tahap menengah.

7. Bisnis dan Teknologi Penyelaman

Florida Keys Community College menawarkan jurusan unik ini yang mengajarkan manajemen bisnis penyelaman hingga prosedur penyelaman dan penyelaman darurat. Kalian yang memilih jurusan ini akan berkarier di bidang penyelaman, sebagai peneliti laut atau bahkan fotografer di bawah laut. 

Nah, untuk mendapatkan Associate in Applied Science in Diving Business and Technology (AAS – DB&T), siswa harus memperoleh enam puluh dua (62) kredit. Siswa harus menyelesaikan lima belas (15) jam kredit kursus pendidikan umum, tiga puluh dua (32) jam kredit persyaratan inti, lima belas (15) jam kredit pilihan, dan memenuhi persyaratan kompetensi keberhasilan perguruan tinggi. 

Untuk memenuhi kompetensi keberhasilan perguruan tinggi, siswa harus memberikan bukti yang mendokumentasikan keberhasilan penyelesaian kursus kecakapan hidup siswa. Siswa juga dapat menunjukkan kompetensi keberhasilan perguruan tinggi yang setara melalui metode alternatif yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi.

Penyelesaian gelar ini akan mempersiapkan siswa untuk mengelola bisnis menyelam. Siswa akan dilatih dalam fisika dan fisiologi yang diterapkan pada penyelaman, pengobatan darurat dan pertolongan pertama untuk cedera terkait tekanan, operasi ruang rekompresi, perencanaan penyelaman gas campuran, dan fotografi bawah air. 

Mempertimbangkan Jurusan Kuliah dengan Matang 

Memilih jurusan kuliah memang akan menjadi kenangan tersendiri bagi kita, yang perlu diingat adalah pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan passion, serta kata hati. Tak ada salahnya pula mengambil jurusan yang terbilang unik. Selain anti mainstream, biasanya jurusan yang unik akan memiliki peminat yang sedikit, hingga prospek masa depannya akan semakin besar.

Jadi, itu dia tujuh jurusan kuliah terunik di dunia yang sudah kami rangkum untuk kalian. Dari tujuh jurusan di atas adakah yang menarik minatmu? Semua jurusan tersebut memang tampak cukup anti-mainstream, terutama bila dibandingkan dengan jurusan-jurusan di PT dalam negeri.  Kalian setuju gak?