- Kejar Info

Jurusan Sepi Peminat Dengan Prospek Kerja Tinggi

Siapa sih yang tak minat dengan jurusan kedokteran, komunikasi, ekonomi ataupun sejumlah jurusan populer lainnya? Rasanya mustahil sekali jika kita tidak tahu tentang beberapa jurusan populer tersebut ya? Apalagi beberapa jurusan di atas sangat direkomendasikan oleh pihak Universitas.

Berbicara tentang jurusan kuliah, kebanyakan orang cenderung memilih jurusan populer karena prospek kerja yang menggiurkan. Padahal sebenarnya masih banyak jurusan sepi peminat tapi peluang kerjanya besar loh. Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadarinya. Lantas, apa saja jurusan sepi tapi peluang kerja besar? Yuk, langsung cek daftarnya di bawah ini.

1. Kehutanan

Kita semua tahu, jika banyak sekali kawasan hutan di Indonesia yang masih belum terjamah. Mirisnya, makin ke sini luas hutan Indonesia justru terkikis. Bagaimana tidak, aktivitas perusahaan saja terus berkembang, ditambah pula pembakaran hutan ataupun penggunaan lahan yang semena-mena juga makin marak terjadi.

Rasanya tantangan ini harus segera dihadapi oleh pemerintah untuk menjaga aset tersebut agar tetap produktif dan lestari. Mengingat Indonesia dikenal sebagai paru-paru dunia dan kita harus mempertahankan predikat tersebut kan? Nah, di sini lah tenaga ahli yang bisa mengawasi hutan Indonesia sangat diperlukan.

Jurusan Kehutanan merupakan induk dari Manajemen Hutan, Pengelolaan Hutan, Teknologi Hasil Hutan, serta Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Jurusan ini bisa berada di Fakultas Kehutanan atau Pertanian. Di sini kamu akan belajar semua hal tentang Kehutanan.

Jurusan Kehutanan ini bisa kamu temui di Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Lampung, Universitas Mataram, Universitas Pattimura, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, dan lain-lain.

2. Teknik perkapalan 

Teknik perkapalan merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang seluk beluk yang berkaitan dengan kapal. Perlu kalian ketahui, jika jurusan ini menawarkan masa depan cerah bagi lulusannya. Peluang atau prospek kerja teknik perkapalan sangat beragam mengingat Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia. 

Sejatinya, lulusan Jurusan Teknik Perkapalan lingkup kerjanya sangat luas dan tidak terbatas di dalam negeri saja. Lulusan jurusan ini bisa saja bekerja di dalam dan luar negeri, di perusahaan ternama swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau instansi pemerintah.

Selain itu, prospek kerja Jurusan Teknik Perkapalan tentu tidak diragukan lagi, mengingat pemerintah memiliki komitmen untuk memajukan jalur laut. Negara akan banyak membutuhkan alumni perkapalan untuk masuk dalam pembangunan kapal baru, pemeliharaan dan reparasi kapal, hingga pembangunan sarana industri lepas pantai.

3. Arkeologi

Mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar mengenai gabungan antara ilmu sejarah dan ilmu geologi. Artinya, mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu, seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Banyak yang masih menganggap lulusan Arkeologi sulit mendapatkan pekerjaan. Ini anggapan salah sebab ada banyak peluang kerja yang bisa dicoba setelah lulus. Misalnya saja, menjadi Reporter atau Jurnalis, Pengelola Museum, Pemandu Wisata Sejarah, dan lain sebagainya.

Nah, Perguruan Tinggi di Indonesia yang menawarkan program studi ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Jambi (Unja), Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Udayana.

4. Oseanografi

Jurusan Oseanografi termasuk jurusan yang punya peluang kerja menjanjikan. Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan. Mengingat Indonesia adalah negara maritim, maka ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan untuk menguatkan sektor maritim di Indonesia. 

Itulah mengapa, lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. Sebenarnya, Lulusan Oseanografi memiliki kesempatan untuk mendalami profesi-profesi yang cukup keren, seperti Marine Environmental Scientist, Teknik Kelautan, Marine Seismic Navigator dan lain sebagainya.

Sayangnya, sebagian profesi tersebut di Indonesia masih diisi oleh tenaga ahli dari luar negeri karena profesi bidang Oseanografi lebih banyak diakui dan dibutuhkan di negara-negara maju. Nah, Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia adalah UNDIP dan ITB.

5. Jurusan Ilmu Perpustakaan 

Banyak yang mengira kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan hanya akan mempelajari tentang buku. Padahal, jurusan ini akan mengajarkan kamu banyak hal, mulai dari bidang arsip, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi di sebuah perpustakaan. 

Prospek kerja setelah kamu lulus dari jurusan ini juga sangat luas karena hampir seluruh instansi membutuhkan ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan. Kamu bisa berkarier sebagai pustakawan, programmer, sekretaris, administrasi arsip, hingga document controller. Universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan antara lain UI, UGM, UNS, Undip, Unair, dan UIN.

Jadi, itu tadi jurusan yang sepi peminat dengan prospek kerja yang tinggi. Melihat potensi jurusan tersebut, mungkin bisa menjadi referensi jurusan kuliah yang kamu ambil. Selain itu, kalian juga harus lebih siap dan melihat detail mata kuliah yang akan kamu pelajari ya!