- Kejar Info

7 Universitas Dunia Tawarkan Prodi Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia dan telah memiliki rekam jejak yang sangat bersejarah bagi kita. Salah satunya adalah peristiwa Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak lahirnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Bahkan, setiap bulan Oktober diperingati sebagai bulan bahasa, sebagai bentuk mengenang peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Berbicara soal bahasa Indonesia, nampaknya bahasa persatuan bangsa kita telah mendapat perhatian publik internasional. Bagaimana tidak, kini banyak sekali warga asing yang tertarik untuk mempelajari nya. Bahkan, bahasa Indonesia dinilai sebagai bahasa penghubung persahabatan. 

Bahasa Indonesia di mata Dunia Internasional

Bahasa Indonesia menjadi urutan ke-9 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan. Maka tak heran, orang-orang di belahan dunia mulai mempelajari bahasa Indonesia. Apresiasi yang cukup besar ini membuat beberapa negara merasa perlu untuk mendirikan suatu institusi pendidikan yang mampu mengakomodasi keinginan para peminat Bahasa Indonesia.

Pamor Bahasa Indonesia di mata dunia Internasional tampaknya semakin tinggi. Terbukti dengan Bahasa Indonesia dipelajari sebagai salah satu mata kuliah bahasa asing pilihan bagi para mahasiswa di Universitas bergengsi dunia. Bahkan, beberapa Universitas juga memberikan kajian lain yang berkaitan dengan Indonesia seperti kajian sosial ekonomi maupun kondisi politik Indonesia.

Kira-kira apa saja ya Universitas yang menawarkan program studi Bahasa Indonesia tersebut? Nah, berikut adalah Universitas dunia yang tawarkan Prodi Bahasa Indonesia. Yuk simak bersama!

1. Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan

Belajar Bahasa Indonesia nampaknya makin diminati oleh warga Korea Selatan. Hal ini terbukti dengan adanya salah satu Universitas kajian bahasa asing terbaik negara ini yaitu Hankuk University of Foreign Studies, yang mempunyai jurusan khusus menangani Bahasa Indonesia. Studi mengenai bahasa Indonesia bahkan berada di dua departemen berbeda loh.

Langkah mempromosikan Bahasa Indonesia juga didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul. Nah, salah satu faktor yang mendorong pengembangan bahasa Indonesia di Korea Selatan yaitu karena negeri Gingseng termasuk salah satu negara mitra investasi dan perdagangan utama kita.  

2. Tokyo University for Foreign Studies, Jepang

Diketahui, Negeri Matahari Terbit menganggap jika Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari. Terbukti dengan dibukanya Program Studi Bahasa Indonesia di Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) yang memiliki reputasi kuat di bidang riset mengenai kajian bahasa dan isu internasional. 

Seperti yang dilansir dalam laman idntimes.com, School of Languages and Cultures sendiri memiliki 26 bahasa asing yang ditawarkan, termasuk bahasa Indonesia. Departemen ini berfokus kepada pengajaran bahasa kepada mahasiswa, seperti preposisi maupun grammar.

3. University of Melbourne, Australia

Australia merupakan negara tetangga yang dekat dengan Indonesia, baik secara geografis maupun politik. Maka tak heran, jika Negeri Kanguru ini menjadi negara tujuan favorit para pelajar Indonesia dalam meneruskan jenjang pendidikan. Karena hal-hal tersebut, banyak universitas di Australia yang membuka program kajian Indonesia. Salah satunya adalah University of Melbourne.

University of Melbourne menempati urutan pertama universitas terbaik Australia dan berada di posisi 32 untuk universitas terbaik dunia versi Times Higher Education. Kajian Bahasa Indonesia di universitas ini ada di bawah naungan Faculty of Arts. 

4. Leiden University, Belanda

Seperti diketahui, Indonesia dan Belanda memiliki hubungan sejarah yang sangat dekat. Bahkan, negara Kincir Angin seringkali disebut home away from home oleh banyak mahasiswa Indonesia yang merantau disana saking mudahnya menemukan persediaan makanan Indonesia. 

Tanpa disadari hal itu berimbas kepada beberapa institusi pendidikan yang merasakan urgensi dari Bahasa Indonesia, salah satunya adalah Leiden University. Kajian Indonesia berada di Faculty of Humanities, tepatnya School of Asian Studies dan masuk pada studi kawasan Asia dan Timur Tengah.

Dengan jurusan yang ditawarkan Leiden University itu, membuat banyak mahasiswa Eropa tertarik untuk belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia. Bahkan, kajian mengenai negara Indonesia sering jadi topik riset pilihan para mahasiswa.

5. University of Hawaii at Manoa, Hawai

Program Studi Bahasa Indonesia di University of Hawaii yang berada di bawah naungan Departement of Indo-Pasific Languages and Literatures ini rupanya menawarkan banyak program studi bagi mahasiswanya. Namun, dari banyaknya program studi yang ditawarkan, Program Studi Bahasa Indonesia menjadi salah satu yang populer di departemen ini.

Jauh sebelum work from home diterapkan, ternyata departemen ini telah menawarkan distance learning untuk Program Studi Bahasa Indonesia, dengan tujuan untuk mewadahi mahasiswa dari berbagai negara lain untuk belajar bahasa Indonesia tanpa harus dikekang oleh jarak. Perlu diketahui nih, jika tenaga pengajar khusus Program Studi Bahasa Indonesia ini adalah orang asli Indonesia loh.

6. SOAS University of London, Inggris

Bisa dibilang, SOAS University of London merupakan Universitas riset yang memiliki fokus terhadap kajian diplomasi, studi kawasan Asia dan Afrika. Salah satu program studi yang ditawarkan adalah Indonesia Studies dan bisa dikombinasikan dengan program studi lain. Sehingga, mahasiswa yang lulus akan mendapat gelar di dua bidang, yakni Indonesia dan program studi lain yang diambil.

Dengan adanya program studi ini, mahasiswa asing peminat Bahasa Indonesia akan mempelajari bahasa secara intensif bukan? Selain itu, di dalam Universitas, mahasiswa juga dituntut untuk dapat menganalisa dan mempelajari Indonesia secara keseluruhan, mulai dari sejarah, budaya, ekonomi hingga tatanan politik. 

7. Yale University, Amerika Serikat

Yale University merupakan universitas bergengsi di Connecticut, Amerika Serikat, yang menempati urutan ke-12 universitas terbaik dunia versi Times Higher Education. Salah satu program studi yang ditawarkannya adalah Kajian Bahasa Indonesia atau Indonesia Language Studies yang terbagi dalam beberapa tingkatan.

Sama seperti University of Hawaii, tenaga pengajar yang ada di Indonesia Language Studies juga merupakan orang Indonesia asli loh. Selain itu, kalian tau gak? Jika sebenarnya tak hanya Yale University yang menawarkan Kajian Bahasa Indonesia di Amerika Serikat. Namun, Johns Hopkins University, Arizona State University, dan Colombia University juga mempunyai program serupa.

Nah, itu dia tujuh Universitas ternama dunia yang menyediakan Program Studi Bahasa Indonesia di fakultas atau departemennya. Gimana, pastinya bangga kan bisa berbahasa Indonesia? Atau mungkin kalian tertarik untuk belajar bahasa Indonesia di negeri orang?