Cancel Preloader

Bagi sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, meraih beasiswa merupakan salah satu impian. Sebab, dengan memperoleh beasiswa, mereka dapat membantu orang tua dalam hal pembebasan biaya pendidikannya. Meski demikian, setiap beasiswa memiliki proses dan mekanismenya masing-masing. 

Jika dianalogikan, mencari beasiswa mirip seperti mencari jodoh. Bagaimana tidak, Proses seleksinya terbilang cukup ketat dan tidak sembarang orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Ya, walaupun terbilang ribet dan susah, namun beasiswa dapat memudahkan kalian melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk meraih mimpi besarmu.

Raih Mimpi untuk Pejuang Beasiswa

Untuk kamu yang sudah memiliki niat mengikuti suatu program beasiswa pasti akan bertanya-tanya, hal apa saja sih yang kita perlu lakukan untuk meraih suatu beasiswa? Lalu, bagaimana sih tips & trik raih beasiswa tersebut? Nah, Selain menjaga nilai-nilai akademik kalian, yuk simak 5 tips yang sudah minki rangkum untuk kalian.

1. Mempunyai Tujuan

Langkah pertama sebelum kita apply Beasiswa atau Universitas, sebaiknya kita sudah mempunyai tujuan dulu. Karena apa? Karena, bila kita tidak memiliki tujuan yang jelas, ada kemungkinan kita akan plin plan dan akhirnya berujung tidak maksimal. Ini menjadi penyebab umum gagal mendapatkan beasiswa.

Bisa dikatakan beasiswa adalah ajang persaingan yang ketat, di mana pihak penyelenggara beasiswa akan menilai siapa yang bersungguh-sungguh untuk melamar Beasiswanya. Jadi, yuk mulai sekarang mantapkan tujuan kalian. 

2. Riset dan Gali Informasi Seputar Beasiswa

Melakukan riset dan menggali informasi merupakan langkah terpenting untuk mendapatkan beasiswa impian. Mengingat, kini perkembangan teknologi sudah canggih, artinya mencari informasi seputar beasiswa bukan lagi hal yang sulit dilakukan bukan?

Selain mencari tahu tentang informasinya, penting juga untuk kamu memahami jenis beasiswa apa yang kamu inginkan. Sebab, beasiswa juga memiliki jenis serta tujuan yang beragam. Jadi, kamu harus benar-benar rajin dalam mencari informasi dan memahami tentang beasiswa yang menjadi target.

3. Pelajari persyaratan dan kriteria pendaftaran calon penerima Beasiswa

Kriteria dari suatu program beasiswa tentunya akan berbeda-beda, tergantung dari lembaga, instansi, serta jenis dari beasiswa itu sendiri. Untuk mengetahui kriteria dan syarat yang dibutuhkan dari program beasiswa, kalian bisa langsung menghubungi pihak penyelenggara untuk menanyakan informasi terkait yang mungkin tidak dicantumkan atau kurang kamu pahami.

4. Aktif Berorganisasi

Seorang pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa tentunya harus memiliki keunggulan dibanding pelajar lainnya. Salah satu kiatnya adalah dengan terlibat aktif dalam kegiatan sejak sedini mungkin. Entah menjadi anggota OSIS dan kegiatan organisasi lainnya selama kuliah, sudah menjadi hal standar bagi pelamar beasiswa.

Namun, jika kamu belum sempat melakukannya selama sekolah dulu, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa menjadi volunteer dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, menciptakan inovasi dan melakukan riset, maupun tampil dalam ajang kreasi atau budaya. 

5. Perbaiki Gaya Bicara saat Interview

Biasanya pada tahap akhir penyaringan beasiswa adalah interview atau tes wawancara. Tak sedikit orang yang gagal pada tahap ini karena grogi atau kurang percaya diri. Oleh karena itu, sebelum menjalani tes wawancara, sebaiknya perbanyaklah latihan berbicara yang benar agar terbiasa dan tidak kaget. Selain itu, jawablah pertanyaan wawancara secara jujur, nggak bertele-tele dan relevan.

Demikian, itu dia lima tips and trik raih beasiswa impianmu yang bisa kalian coba dan terapkan. Terlepas dari itu semua, yang terpenting adalah kita harus memiliki niat dan usaha yang lebih keras, karena prosesnya tidak bisa untuk disepelekan. Semangat pejuang beasiswa!