Cancel Preloader

Kalian percaya gak jika ingatan, kecerdasan dan kecepatan dalam berpikir dapat kita asah sendiri loh. Meskipun banyak orang percaya bahwa kecerdasan seseorang dapat diukur berdasarkan IQ yang dimiliki. Rupanya ada sejumlah metode untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang dan menjadi lebih efektif.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar otak menjadi lebih pintar dari biasanya, yaitu menerapkan kebiasaan baru ke dalam aktivitas rutin mu dan memberikan stimulasi yang tepat, dapat mempertajam kecerdasan dengan cepat dan membuatmu jadi lebih terinspirasi untuk menghadapi tantangan baru setiap hari. 

Mengapa Otak Harus Selalu diasah?

Semua yang kita lakukan perlu latihan dengan pola yang tepat agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Sama halnya, ketika kita ingin menang pertandingan catur, maka yang harus dilakukan yaitu berlatih dalam waktu yang lama agar keahlian semakin meningkat. Begitu juga dengan otak kita, perlu latihan-latihan khusus agar lebih pintar. 

Kesehatan dan kecerdasan otak adalah salah satu kunci penting untuk kita semua. Maka dari itu, kami sudah rangkumkan tips-tips meningkatkan kecerdasan otak dengan baik ala Prestasi Kita.

1. Berteman dengan Orang yang Berpikir Cerdas

Pilih circle-mu dengan benar ya, karena bukan suatu kebetulan jika berteman dengan orang-orang yang cerdas dapat mempengaruhi cara berpikir kita. Dengan berteman orang-orang cerdas, secara tidak langsung akan mengembangkan pola pikir kita untuk berpikir seperti orang cerdas. 

Misalnya saja, ketika kita ingin menjadi ahli ilmu manajemen perusahaan, kalian dapat belajar atau sering berdiskusi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam memimpin sebuah perusahaan. Artinya, selain dapat membantu dalam meyelesaikan suatu persoalan, mereka juga akan merubah pola pikir kita untuk dapat berpikir seperti yang mereka pikirkan.

2. Istirahat yang Cukup 

Ingatlah manusia itu bukan mesin. Bahkan, mesin saja bisa rusak jika harus dipaksa selalu bekerja tanpa pernah istirahat. Nah, Perlu kita ketahui bahwa otak manusia memerlukan sejumlah besar energi untuk dapat berfungsi dengan baik. Artinya, jika terus-menerus pikiran mengalami kelelahan, maka bisa jadi daya berpikir kita juga akan mengalami penurunan. 

3. Menulis buku harian atau jurnal

Ingatan manusia, berapapun umurnya, terkadang selalu melupakan sesuatu yang penting, entah dalam ingatan jangka panjang maupun jangka pendek. Bahkan, ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa “Pikiran yang berubah-ubah, tanpa kita menulisnya akan hilang selama-lamanya.”

Dengan menulis mungkin bisa menjadi cara terbaik merekam pikiran dan ide-ide. Selain itu, hal ini juga dapat kita perbaiki suatu saat jika terjadi kesalahan atau bisa juga menjadi pedoman atau referensi kita di masa depan. Bahkan, dengan menulis menggunakan tangan dapat melatih otak jauh lebih efisien.

4. Menghindari Penggunaan Handphone

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi merupakan salah satu keajaiban bagi dunia modern saat ini. Namun, sayangnya dalam beberapa hal, ketergantungan dengan teknologi akan menghambat kapasitas otak untuk memecahkan masalah, beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Jadi, cobalah untuk tidak selalu mengandalkan teknologi. Misalnya saja, dengan menyelesaikan soal matematika tanpa bantuan kalkulator, dan catat apa yang dikatakan guru, jangan hanya mengambil foto apa yang ada di papan tulis. Dengan begitu, mungkin kamu pasti akan melihat perbedaannya.

5. Lakukan Hal Baru yang Menyenangkan

Selain menyenangkan, rupanya melakukan hal baru dapat melatih otak menjadi lebih kreatif karena cenderung tidak membuat otak jenuh dan bosan. Pengalaman baru inilah yang dapat membuat otak untuk mempunyai cara baru untuk dalam menyelesaikan suatu masalah. 

Nah itu dia, cara latih otak agar jauh menjadi pintar yang telah kami rangkumkan untuk sobat Preski. Mungkin lima cara di atas dapat dilakukan secara terus menerus ya. Karena semua tidak dapat terjadi secara ajaib begitu saja kan? Pastilah harus banyak latihan dan latihan secara terus menerus.