- Kejar Info

Pentingnya Membangun Generasi Muda Cerdas dan Berkarakter

Kita semua tahu bahwa kualitas pendidikan menjadi faktor penting bagi keberhasilan suatu bangsa. Hal tersebut telah dibuktikan bahwa bangsa-bangsa yang telah menikmati kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyatnya adalah bangsa yang memulai pembangunannya melalui pendidikan, meskipun mereka tidak memiliki sumber daya alam yang cukup (Muhardi, 2004).

Bisa dibilang, Masa depan sebuah bangsa berada di tangan para pemudanya, mengingat pemuda merupakan generasi yang senantiasa diunggulkan karena memiliki semangat, kreativitas, daya juang, dan idealisme yang sangat tinggi. Bila diibaratkan generasi muda seperti ilalang yang sedang pada masa kejayaan dengan kondisi terbaiknya. 

Pentingnya Membangun Generasi Muda Cerdas dan Berkarakter

Pendidikan dianggap menjadi suatu media paling efektif dalam mengembangkan potensi generasi muda baik berupa keterampilan ataupun wawasan. Namun, dalam hal ini tidak hanya pendidikan formal dan informal saja yang dibutuhkan generasi muda. Pasalnya, pendidikan berkarakter khususnya dalam membangun moral dan budi pekerti juga sangat diperlukan di sini. 

Di Indonesia sendiri, pendidikan karakter rasanya mulai perlu dibenahi, karena negeri ini membutuhkan generasi unggul yang dapat memajukan dan menaikkan derajat bangsa. Karena apa? Melihat kenyataan saat ini sudah banyak muncul kekerasan yang dilakukan remaja, rendahnya tanggung jawab individu, bahkan lunturnya sopan santun dalam bersikap dan bertutur kata. 

Pendidikan karakter itu bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pendidikan karakter dan akhlak mulia seseorang secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan (Maulidiyah, Firdaus, & Wulandari, 2019).

Sementara itu, pendidikan karakter di Indonesia diutamakan bagi para generasi muda. Karena generasi muda merupakan salah satu kekuatan bagi suatu bangsa. Generasi muda juga akan banyak berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang nantinya. Maka dari itu kualitas generasi muda menjadi peran penting dalam memajukan bangsa Indonesia.

Kapan pendidikan karakter harus diterapkan?

Pendidikan karakter juga harus dijalankan mulai sejak dini, berawal dari keluarga yang mendidik dengan metode teladan dan pembiasaan, kemudian ketika masuk pada jenjang pendidikan, seorang guru juga harus mampu menanamkan karakter yang baik pada dirinya sendiri sebelum mengajarkan pendidikan karakter pada peserta didiknya. 

Pendidikan berkarakter harus dilakukan secara terus-menerus hingga peserta didik masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak sudah “mendarah daging” dalam dirinya. 

Jadi, yang terlibat dalam mewujudkan sebuah pendidikan karakter yang diharapkan adalah pemerintah, individu, keluarga, dan lingkungan sosial. Serta hal lain yang dapat berpengaruh, di antaranya adalah sistem yang digunakan dalam mewujudkan pendidikan karakter tersebut.

Apa manfaat yang dihasilkan dari pendidikan karakter?

Manfaat yang dihasilkan dari pendidikan karakter yang dipraktikkan dengan baik akan menciptakan seseorang yang religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, demokratis dan tertanam dalam dirinya mempunyai rasa cinta pada tanah airnya.

Dengan begitu, kejahatan seperti kasus narkoba, pembunuhan, penculikan, dan korupsi tidak terjadi lagi di Indonesia dikarenakan ada kesadaran dari diri seseorang yang telah ditanamkan pendidikan karakter dengan baik, dirasakan dengan baik dan akhirnya dipraktikkan dengan baik pula.

Pendidikan karakter juga dapat menciptakan generasi “Pelurus Bangsa” bukan menjadi generasi “Penerus Bangsa” yang dalam artian penerus dalam hal keburukan. Karena kemajuan sebuah bangsa dan baik buruknya sebuah bangsa salah satunya ditentukan oleh manusianya. Selain itu, melalui pendidikan berkarakter maka generasi Indonesia juga dapat menunjukan jati dirinya untuk bersaing di dunia industri. 

Jadi, kesimpulannya adalah membangun generasi muda cerdas dan berkarakter memang perlu dilakukan dengan baik. Dengan begitu, diharapkan tujuan dari suatu bangsa mengenai meningkatnya mutu pendidikan akan tercapai. Jika manusianya berkarakter baik, maka bangsa tersebut juga akan menciptakan sebuah peradaban yang baik.