Cancel Preloader

Beasiswa merupakan salah satu fasilitas yang sangat dicari dan dinantikan oleh pelajar maupun mahasiswa. Karena memiliki banyak ragam yang tersedia untuk hampir semua jenjang pendidikan perguruan tinggi. Mulai dari tingkat diploma, strata satu, sampai doktoral. Maka tak heran jika kita seringkali keliru dengan jenisnya. 

Untuk kali ini, kalian tak perlu bingung lagi. Karena di sini minki akan bantu menjelaskan tentang apa saja beasiswa yang tersedia dan apa saja yang di-cover oleh beasiswa yang akan kita ikui. Yuk simak istilah-istilah wajib bagi pemburu beasiswa di bawah ini. 

Istilah Wajib Bagi Pemburu Beasiswa

Dalam mencari beasiswa atau mendaftar universitas untuk kuliah, penting banget untuk kalian mengetahui dan memperhatikan beberapa istilah yang berhubungan dengan pendanaan tersebut. Lalu, ada istilah apa saja yang perlu kalian ketahui? Berikut adalah istilah-istilah wajib bagi pemburu beasiswa:

1. Full Funded 

Dari pengertiannya, beasiswa Full Funded akan memberikan bantuan dana sejumlah total biaya selama kuliah, berapapun nominalnya. Maka tak heran, jika seleksi beasiswa Fully Funded atau beasiswa penuh biasanya dilakukan sebelum calon mahasiswa memulai proses kuliah. Contoh beasiswa Fully Funded yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa internasional yaitu sebagai berikut :

  • Fulbright Scholarship ialah beasiswa pascasarjana yang berasal dari Amerika
  • British Chevening Scholarship ialah beasiswa di Inggris tanpa memerlukan sertifikat TOEFL/IELTS
  • Australia Awards Scholarship ialah beasiswa S2 dan S3 di Australia
  1. Partially Funded

Partial Funded beasiswa merupakan bantuan pembiayaan yang diberikan untuk sebagian dari total biaya selama masa studi pelajar. Atau dengan kata lain, kalian tak perlu membayar seratus persen biaya program belajarmu, karena institusi akan membantumu dalam membayarnya. 

Pembiayaan jenis ini juga berbeda-beda ya, ada universitas atau institusi beasiswa yang memberikan uang saku kepadamu secara langsung, namun ada juga yang membayar biaya universitasmu. Jadi, pastikan jika kamu mendapatkan informasi langsung dari penyelenggara beasiswa tersebut. 

3. Living Allowance/Monthly Allowance

Living Allowance atau yang biasa disingkat LA merupakan insentif yang diberikan oleh penyelenggara beasiswa untuk kehidupan scholar sehari – hari. Bahasa kasualnya adalah uang saku bulanan. Pada pendanaan ini, tiap pemberi beasiswa memberikan jumlah yang beragam. Sehingga, kalian wajib memperhatikan range prediksi biaya hidup (living cost) di tempat anda belajar. 

4. Family Allowance

Family Allowance merupakan biaya tambahan yang diberikan untuk scholar yang telah menikah. Istri/Suami dan anak biasanya menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan seseorang untuk melanjutkan kuliah, apalagi jika harus berpisah dengan keluarga. 

Dengan adanya Family Allowance, scholar tidak terlalu pusing untuk membawa serta keluarga ke negara tujuan. Besarannya dapat disesuaikan dengan jumlah tanggungan (biasanya maksimal 2 kepala, anak dan istri 1 atau anak maksimal 2 sedangkan istri tidak dihitung).

5. Award/Penghargaan

Award/Penghargaan beasiswa adalah bantuan pendidikan yang diberikan kepada individu karena kontribusi atau jasanya atas suatu hal yang spesifik. Misalnya, jika kita pernah menjadi volunteer kemanusiaan, atau jasanya telah berkontribusi konkrit di bidang ilmu pengetahuan. Contoh pemberi award ini adalah Royal Society Pfizer Award dan Australian Leadership Award (ALA).

Demikian, itu dia lima istilah yang perlu kamu tau supaya proses pencarian dan pendaftaran beasiswa berjalan lancar. Semoga informasi ini menambah wawasanmu.